Cara Agar Blog Menjadi SEO Mobile-Friendly

Cara Ampuh Agar Blog Menjadi SEO Mobile-Friendly


Cara Efektif dan Terbaru Agar Blog Menjadi Mobile-Friendly - Selamat siang sobat pembaca. Pada artikel kali ini, saya ingin membahas sesuatu yang sangat sangat penting untuk perkembangan suatu blog. Saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat blog menjadi blog mobile-friendly.





Karena saat ini orang-orang mayoritas sudah melakukan semua hal dengan gadget atau handphone, Google mengeluarkan algoritma terbarunya yaitu mobilegeddon. Dengan diperbaruinya algoritma tersebut, semua blog atau website harus bisa diakses atau support perangkat mobile (mobile-friendly).

Sebelum saya mengulas lebih jauh, ada baiknya sobat untuk mengetahui apa itu mobile friendly. Mobile friendly adalah ungkapan yang ditujukan kepada website yang dapat diakses secara cepat atau dapat menyesuaikan tampilannya pada perangkat apapun. Jadi, jika pembaca mengakses blog sobat dengan perangkat apapun, blog sobat akan menyesuaikan tampilan dengan perangkat tersebut.

Jika blog atau website saat ini tidak support perangkat mobile, Blog atau website tersebut harus rela situsnya berada di peringkat bawah dalam Search Engine Results Page (SERP). Seperti yang dikatakan Google "Bahwa 50% pencarian Google adalah berasal dari smartphone atau mobile, maka bagi anda yang memiliki website, diharuskan untuk blognya agar bisa dioptimalkan dengan baik di perangkat mobile" kurang lebihnya seperti itu.

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah blog sobat mobile friendly? berikut adalah ulasannya.

Cara Cek Atau Mengetahui Blog Mobile Friendly atau Tidak Mobile Friendly

Sebenarnya, banyak sekali cara untuk mengetahui blog mobile friendly atau tidak. Salah satu cara untuk mengetahui blog mobile friendly atau tidak mobile friendly adalah dengan menggunakan tool yang sudah disediakan secara langsung oleh Google untuk mengecek situs mobile friendly atau tidak.

Dengan cara memasukkan alamat blog sobat di kolom yang sudah disediakan, sobat akan mendapatkan hasil analisis langsung oleh Google yang akan membuktikan apakah blog sobat Mobile Friendly atau tidak.

Banyak Webmaster dan Blogger yang bertanya bagaimana ciri-ciri blog atau website yang mobile friendly. Berikut ulasannya.

Ciri-Ciri Blog atau Website Yang Mobile Friendly

1. Blog yang mobile friendly akan mendapatkan label "Mobile-Friendly" pada hasil pencarian.


Jika sobat pernah mencari sesuatu di Google dengan menggunakan smartphone atau perangkat lainnya, sobat pasti seringkali mendapatkan website yang di sisi kirinya terdapat tulisan mobile-friendly. Itu artinya website tersebut sudah support untuk diakses oleh semua perangkat dan sudah memenuhi algoritma mobile geddon. Berikut contoh label mobile friendly.


Cara Ampuh Agar Blog Menjadi SEO Mobile-Friendly


2. Tampilan Blog Yang Mobile-Friendly Bisa Menyesuaikan Dengan Semua Perangkat

Situs atau blog yang mobile friendly akan menyesuaikan tampilannya jika diakses melalui perangkat atau device apapun. Contohnya jika sobat mengakses suatu website lewat pc akan berbeda tampilannya jika diakses lewat smartphone.

3. Ukuran Teks, Gambar, dan Menu Dapat Menyesuaikan Sesuai Ukuran Perangkat

Sobat pasti pernah mengalami memperbesar teks, gambar ataupun menggeser geser menu untuk mengakses web tersebut. Itu berarti website tersebut tidak mobile-friendly. Jika website mobile friendly, semua unsur yang ada didalamnya akan menyesuaikan ukuran dengan perangkat yang digunakan.

Lalu, bagaimana cara membuat blog agar menjadi blog Mobile Friendly? Berikut tutorialnya.

Cara Membuat Blog Agar Menjadi Blog Mobile Friendly

Terdapat 2 cara yang biasanya saya lakukan agar blog menjadi blog yang mobile friendly. Berikut cara agar blog menjadi mobile friendly.

Cara 1 : Dengan Mengaktifkan Laman Versi Seluler

Cara pertama ini cara yang paling mudah untuk membuat blog mobile friendly. Cara kerjanya adalah dengan mengaktifkan fasilitas laman seluler default yang sudah disediakan pihak Blogger. Cara ini diterapkan untuk sobat yang memiliki template yang tidak responsive. Dengan cara ini, sobat tidak perlu repot-repot untuk mengedit kode yang ada pada blog. Berikut caranya

Langkah 1 - Login ke Blogger.
Langkah 2 - Lihat pada tab kiri, Klik Template.
Langkah 3 - Pada bagian Seluler, klik icon gerigi yang ada.


Langkah 4 - Pilih tulisan "Ya. Tampilkan template seluler di perangkat seluler. "
Langkah 5 - Klik Simpan.
Langkah 6 - Selesai.

Jika sobat sudah melakukan tahap tahap diatas, blog sobat sudah mobile-friendly. Ingat, cara ini dilakukan jikalau template sobat tidak responsive.
Cara 2 : Dengan Cara Menggunakan Template Yang SEO Responsive

Template blog Responsive adalah template yang bisa menyesuaikan dengan lebar dan tinggi layar perangkat yang digunakan. Namun dengan menggunakan template SEO Responsive bukan berarti sobat tidak perlu melakukan apa apa lagi untuk membuat blog mobile friendly. Lalu, apa yang harus dilakukan agar blog menjadi mobile friendly ketika sudah memakai template responsive? Berikut tutorialnya.

Langkah 1 - Masuk ke Blogger.
Langkah 2 - Klik Template.
Langkah 3 - Pada bagian seluler, klik icon gerigi dibawahnya.
Langkah 4 - Pilih tulisan "Ya. Tampilkan template seluler di perangkat seluler." Lalu pilih Khusus.



Langkah 5 - Klik simpan.
Langkah 6 - Selesai.

Oke demikianlah artikel kali ini yang menjelaskan tentang Cara Terbaru dan Ampuh Agar Blog Menjadi SEO Mobile-Friendly. Mohon maaf kurangnya. Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. I truly like your page gratitude for sharing!
    Design and Content. Utilize the prologue to stand out and intrigue in the point. Characterize the issue you will examine and give a short outline on what you think and why. Sum up the main contentions that best help your viewpoint. Zeil Ukay Ukay, Shop#1 Mohammed Salem Saleh Almenhali Building( City Tower Building Near Lamcy Plaza - Oud Metha - Dubai - United Arab Emirates

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular

Perbaikan Blogger Template HTML Editor