Cara Membuat Meta Keyword Otomatis dan Manual Untuk Blogspot

Halo sobat pembaca. Pada kesempatan artikel kali ini, saya ingin berbagi kepada sobat Blogger bagaimana cara memasang atau membuat meta keyword otomatis maupun manual pada Blogger.

Cara Memasang Meta Keyword Otomatis dan Manual Untuk Blogger


Sebenarnya, Search engine sudah tidak lagi menggunaan meta keywords sebagai penentu ranking artikel blog pada Search Engine Results Page (SERP). Namun, saya ingin membagikan ini bagi sobat yang 'kekeuh' ingin memasang meta keywords di blog sobat.



Sebelum saya melanjutkan ke tutorial memasang meta keyword di blog, ada baiknya sobat mengetahui dahulu apa itu meta keywords. Berikut pembahasannya.

Apa Pengertian Meta Keywords?

Meta keywords adalah suatu tag atau kode untuk memungkinkan mesin pencari mengetahui apa kata kunci atau keyword yang ditargetkan oleh si pemasang. Intinya, meta keyword digunakan agar artikel blog pemasang dapat ditemukan di SERP sesuai dengan keywordnya.

Setelah mengetahui pengertian dari Meta Keywords, ini saatnya untuk memberi tau kepada sobat bagaimana cara menerapkan atau memasang meta keyword di blog sobat.

Dalam menerapkan Meta Keywords, terdapat 2 cara yaitu dengan menetapkan keyword dengan otomatis atau menetapkan keyword dengan cara manual. Berikut tutorial cara memasang meta keywords otomatis dan manual untuk Blog.

Cara Memasang Meta Keywords Otomatis Untuk Blog

Jika sobat menggunakan cara memasang meta keyword otomatis ini, kata kunci pada kode meta keywords akan otomatis mengambil dari judul artikel dan judul blog sobat. Berikut tutorial cara membuat meta keyword otomatis untuk Blogger.

Langkah 1 - Login ke Blogger.
Langkah 2 - Pilih menu Template lalu klik Edit HTML.
Langkah 3 - Letakkan kode dibawah ini tepat dibawah kode <head>

<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'><meta expr:content='data:blog.title' name='keywords'/></b:if>    

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><meta expr:content='data:blog.pageName' name='keywords'/></b:if>

Langkah 4 - Jika sudah, Klik save template.

Cara Memasang Meta Keyword Manual Untuk Blog

Jika sobat memasang meta keyword manual ini, artinya sobat harus menentukan sendiri kata kunci atau keyword apa yang sobat perlukan agar blog sobat dapat ditemukan dengan mudah di mesin pencari. Berikut tutorial bagaimana cara membuat meta keywords manual untuk blog.

Langkah 1 - Login ke Blogger.
Langkah 2 - Klik menu Template lalu klik Edit HTML.
Langkah 3 - Letakkan kode dibawah ini tepat dibawah kode <head>

<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
 <meta content='Keyword1, Keyword1, Keyword1' name='keywords'/>
</b:if>   
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
 <meta content='Keyword2, Keyword2, Keyword2' name='keywords'/>

</b:if>

Langkah 4 - Ganti teks "Keyword 1" dan "Keyword 2" dengan kata kunci yang sobat butuhkan. Contoh meta keyword atau description adalah seperti "Menurut-ku.com, Situs terbaik untuk belajar Blogging dan SEO"

Langkah 5 - Klik Save Template.

Nah begitulah kurang lebih tutorial gampang dan praktis cara memasang meta keyword otomatis dan manual untuk blog. Semoga bermanfaat.

Komentar

Posting Komentar

Popular

Cara Agar Blog Menjadi SEO Mobile-Friendly

Perbaikan Blogger Template HTML Editor